Senin, 11 September 2017

Hindari Kesalahan Pebisnis Pemula Yang Sering Dilakukan

Tags

Hindari Kesalahan Pebisnis Pemula Yang Sering Dilakukan


Untuk menghindari kesalahan pebisnis pemula yang seringkali dilakukan. Akan lebih baik apabila Anda memahami arti mendasar dari kata bisnis itu sendiri. Banyak diantaranya para pemula yang merasa tertarik untuk memulai bisnis seorang diri.

Hal yang satu ini umumnya terjadi karena banyak diantara para pebisnis yang menyatakan kesuksesannya dan membuat siapa saja merasa tergiur untuk menjadi seorang pebisnis pula.

Namun tahukah Anda sebagai seorang pemula ada banyak hal yang harus Anda perhatikan dan bahkan hindari dalam melakukan kegiatan bisnis.

Mengapa demikian? Karena beberapa hal tersebut dapat menjadi kesalahan fatal dalam bisnis yang baru saja dimulai olehnya. Seperti halnya beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan oleh pebisnis pemula di bagian bawah ini :

1. Memulai investasi tanpa pikir panjang


Ada banyak ide bisnis yang terkesan menguntungkan, namun jika hal tersebut dilakukan tanpa validasi maka bukan tidak mungkin perusahaan atau bisnis yang baru saja Anda mulai pun akan mengalami kegagalan.

Karena itulah sebelum menginvesatasikan dana serta waktu yang Anda miliki. Akan lebih baik untuk mengujinya terlebih dahulu. Seperti halnya mengkonsultasikan hal tersebut pada para ahli bisnis atau bahkan komunitas pengusaha.

Dengan cara tersebut Anda dapat mempelajari banyak hal yang lebih potensial dan membantu Anda untuk menghindari kesalahan pebisnis pemula dengan lebih baik.

2. Terlambat masuk ke pasar


Meskipun pada bagian di atas Anda wajib untuk mengkonsultasikan ide bisnis yang Anda miliki, namun pastikanlah untuk merealisasikannya dalam waktu yang tidak terlalu lama. Apalagi jika strategi untuk memulai bisnis tersebut telah Anda kuasai dengan cukup baik.

Pasalnya ketika Anda terlambat sedikit saja untuk masuk ke pasar, maka bukan tidak mungkin gagasan atau bahkan fitur menarik dari ide yang Anda miliki pun telah didahului oleh pihak pebisnis lainnya.

Karena itulah jika telah mengetahui bagaimana hasil konsultasi dengan para ahli di bagian atas tadi, maka pastikanlah untuk melakukan uji coba dengan merealisasaikannya pada pihak konsumen. Setelah itu lihatlah bagaimana respon yang diberikannya.

Jika respon konsumen bagus, maka ide tersebut pun dapat Anda teruskan untuk bisnis yang jauh lebih berkembang nantinya.

3. Kapan waktu yang tepat untuk ‘banting stir’


Setelah melewati beberapa tahapan di bagian atas tadi, Anda mungkin akan dihadapkan dengan kondisi yang tidak terduga. Jika dibandingkan dengan mengabaikan semua hal yang telah Anda pelajari, khususnya dari bisnis yang Anda lakukan.

Akan lebih baik apabila Anda sesuaikan model bisnis dengan kondisi atau keadaan di sekitar. Dengan kata lain, Anda dapat mengubah rute bisnis yang Anda miliki guna mencegah kegagalan dari bisnis yang Anda miliki.

4. Tidak memprioritaskan konsumen


Kesalahan pebisnis pemula lainnya yang wajib untuk Anda hindari adalah tidak memperhatikan konsumen. Sebagai target pasar yang Anda miliki, pastikanlah untuk memprioritaskan konsumen seperti halnya memenuhi keinginan atau bahkan menerima masukan serta saran yang diberikan olehnya.

Baca : Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mulai Membangun Bisnis?

Demikaian lah yang harus di hindari untuk pebisnis pemula agar tidak terjadi kegagalan dalam mengelola bisnisnya.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang pemuda yang lahir di kota bekasi yang hanya ingin memberikan informasi mengenai berbagai tips serta tempat wisata dan info menarik lainnya melalui blog personal ini.

Berkomentarlah menggunakan kata yang baik,sopan, dan sesuai dengan isi topik diatas !
Terima kasih
EmoticonEmoticon