Rabu, 27 September 2017

Efek Samping Hibernasi Aplikasi Android

Tags

Efek Samping Hibernasi Aplikasi Android


Efek Samping Hibernasi Aplikasi Android – Taukah Anda apa itu hibernasi pada aplikasi smartphone? Mungkin pada manusia hibernasi akan diartikan sebagai tidur terlalu lama atau dalam jangka waktu cukup panjang.

Lantas, di dalam aplikasi hibernasi dalam menghibernasi atau menidurkan aplikasi agar tidak berjalan diam-diam dan memperlambat kinerja ponsel. Meskipun banyak keuntungan yang didapat dalam memaksimalkan ponsel Android berkat adanya aplikasi hibernasi.

Namun menghibernasi aplikasi akan mempengaruhi system kerja dari aplikasi tersebut. Bahkan secara nyata aplikasi hibernasi akan menimbulkan fungsi Android tidak optimal. Nah, inilah beberapa efek samping hibernasi aplikasi pada perangkat Android.

Ketahui Efek Samping Hibernasi Aplikasi Android


1. Hubungan Aplikasi Terputus


Hubungan aplikasi akan terputus dari penggunaan aplikasi hibernasi. Hal semacam ini terjadi jika Anda memotong jalur aplikasi yang sudah dihibernasi.

Bahkan terputusnya kerjasama antar aplikasi tersebut sehingga menyebabkan kesalahan pada saat aplikasi tertentu, sehingga memerlukan autentikasi dari aplikasi lainnya.

Aplikasi hiburan Instagram yang membutuhkan ijin dari aplikasi media social Facebook untuk dapat mengaktifkan Instagram. Maka dari itu, saat membuka aplikasi Instagram secara tersembunyi aplikasi Instagram dan Facebook.

2. Tidak Bekerja Sempurna


Beberapa aplikasi yang secara otomatis akan terus memperbaharui, sehingga terdapat aplikasi yang dapat membackup data secara langsung.

Bahkan yang mampu mengupload file secara otomatis, dan juga ada aplikasi tersebut bisa mensinkronisasi kontak secara otomatis. Tentunya hampir semua  aktivitas dari aplikasi tersebut tidak dapat bekerja jika aplikasi yang berkaitan sedang dihibernasi.

Menghibernasi yang berarti menidurkan atau sleep aplikasi tersebut, dan tugas hibernasi yaitu menidurkan aplikasi yang sedang tidak dibutuhkan atau tidak digunakan.

3. Kehilangan Notifikasi


Kehilangan notifikasi juga akan terjadi jika aplikasi hibernasi dijalankan. Pasalnya untuk beberapa banyak aplikasi khususnya aplikasi umum, harus tetap berjalan dengan diam-diam agar tetap mendapatkan pemberitahuan.

Padahal aplikasi tersebut secara cepat akan terus mensinkronisasikan diri pada suatu server dari apalikasi yang dijalankan.

Hibernasi pada aplikasi secara otomatis mampu menonaktifkan aplikasi dari latar belakang pada saat aplikasi tidak melakukan proses apapun. Jadi kemungkinkan semua aktifitas aplikasi akan berhenti.

4. Hilangnya Event Tertentu


Rupanya efek samping adanya hibernasi adalah hilangnya event tertentu. Mungkin di dalam sistem operasi Android terdapat beberapa Event yang berfungsi untuk menjalankan suatu tugas saat kondisi tertentu.

Lantas, setelah aplikasi menginstall aplikasi tertentu maka beberapa saat  aplikasi lain, misalnya Clean Master memberitahukan bahwa aplikasi tersebut aman dan tidak mengandung virus.

Ketika aplikasi Clean Master di hibernasi, maka Clean Master tidak akan lagi terbangun ketika suatu event tersebut terjadi.

Bahkan fitur ketika seperti pengingat jadwal ini tidak berjalan di latar belakang, tetapi hanya berjalan ketika suatu event terjadi. Dimana pada jam-jam tertentu akan muncul sesuai dengan permintaan penggunanya.

Mungkin cukup itu saja Efek Samping Hibernasi Aplikasi Android. Pastikan akan berpikir ulang saat hendak melakukan hibernasi pada aplikasi mobile. Hal ini akan menyebabkan beberapa kinerja ponsel yang tak maksimal dan menjadi lambat dalam kegiatan multitasking maupun multimedia.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang pemuda yang lahir di kota bekasi yang hanya ingin memberikan informasi mengenai berbagai tips serta tempat wisata dan info menarik lainnya melalui blog personal ini.

Berkomentarlah menggunakan kata yang baik,sopan, dan sesuai dengan isi topik diatas !
Terima kasih
EmoticonEmoticon