Sabtu, 05 Agustus 2017

5 Tahapan Membuat Blog Secara Gratis Untuk Anda

5 Tahapan Membuat Blog Secara Gratis Untuk Anda


Istilah blogger sudah berkembang sejak pertengahan 2010 lalu. Blogger adalah sebutan bagi orang yang aktif dalam blog. Blog sendiri merupakan media atau aplikasi website dimana Anda bebas berekspresi. Blog bisa dikatakan sebagai wadah untuk menghasilkan karya dan mempromosikan karya pada pengguna lainnya.

Mungkin Anda yang pemula masih bingung bagaimana membuat blog secara gratis. Sebetulnya membuat blog sangat mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Anda tinggal mencari informasi  sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber seperti internet.

Tahapan membuat blog secara gratis


Dalam membuat blog secara gratis, ada beberapa hal yang  harus diperhatikan. Memang terlihat mudah, namun mengelola blog membutuhkan komitmen yang tinggi sehingga blog tidak hanya sekedar wadah tanpa isi.

Sudah banyak orang yang sukses dalam mengembangkan blognya mulai dari Trinity (the Naked Traveler), Rusdianto (Writepreneurs), Swastika Nohara (LifeTimeJourney.me) dan lain-lain. Di bawah ini ada beberapa tahapan dalam membuat blog gratis yang ditujukan untuk pemula seperti Anda:

1. Temukan platfrom blog gratis


Nah dari judulnya saja sudah berbau gratis. Ada banyak platform yang bisa digunakan secara cuma-cuma seperti Wordpress, Tumblr, Medium,  Pen.io, Ghost dan sebagainya. Bahkan beberapa diantara platfrom tersebut menawarkan kemudahan pada para pemula. Misalnya Pen.io dimana Anda tidak perlu repot melakukan sign-up seperti pada umumnya. Cukup tuliskan apa yang ingin ditulis dan posting.

2. Daftar sesuai petunjuk yang disediakan


Selanjutnya Anda bisa mendaftar dengan mengikuti petunjuk yang disediakan. Untuk Wordpress Anda tinggal masuk melalui id.wordpress.com. Setelah berhasil masuk, silakan klik ‘Buat Situs Web’. Nantinya Anda akan diarahkan ke halaman yang memuat informasi mengenai e-mail, password dan nama blog yang diinginkan. Hal ini juga berlaku untuk blog-blog lain seperti Blogger, Tumblr dan sebagainya.

3. Memilih jenis profil yang diinginkan


Beberapa blog seperti Blogger mensyaratkan penggunaan profil. Blogger memberikan dua opsi profil yakni profil dari Blogger dan Google+. Anda bisa memilihnya sesuai keinginan. Dengan memasukan data personal secara lengkap dan benar, maka Anda bisa beralih ke tahap selanjutnya. Penerapan profil ini umumnya hampir sama dengan blog lain meskipun akan ada sedikit perbedaan.

4. Memilih judul yang sesuai dengan konten blog


Judul begitu penting mengingat blog Anda akan dilihat oleh pengguna lainnya. Sebaiknya Anda membuat blog yang dikhususkan pada tema tertentu misal musik, film, kuliner, seni dan sebagainya. Membuat tema yang lebih spesifik menjadikan blog Anda lebih terstruktur dan enak dibaca.

5. Memilih template yang unik


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, membuat blog memang lebih mudah. Tetapi, membuatnya terlihat atraktif merupakan ‘pekerjaan’ yang harus dipikirkan. Blog akan terlihat menarik apabila Anda dapat memilih template yang unik dan berbeda dari lainnya.

Bila Anda ingin membuat sebuah travel blog, pilih template yang sesuai dengan tema tulisan atau konten seperti gambar kota atau pemandangan. Bila Anda menyukai konten berbau art, pilih template yang berhubungan dengan pop culture dan sebagainya.

Setelah memilih template, klik ‘Entri baru’ untuk postingan pertama. Jangan lupa untuk memberi hashtag pada setiap konten.

Itulah 5 tahapan dalam membuat blog secara gratis. Blog tidak hanya sekedar media curhat digital semata. Lebih dari itu, blog sejatinya dapat dijadikan sebagai sumber informasi bermanfaat yang menginspiratif para blogger lainnya. Anda juga dapat memanfaatkan blog sebagai cara lain memperoleh penghasilan.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang pemuda yang lahir di kota bekasi yang hanya ingin memberikan informasi mengenai berbagai tips serta tempat wisata dan info menarik lainnya melalui blog personal ini.

Berkomentarlah menggunakan kata yang baik,sopan, dan sesuai dengan isi topik diatas !
Terima kasih
EmoticonEmoticon