Kamis, 20 Juli 2017

Cara Meningkatkan Keamanan Website Agar Terhindar Dari Serangan Berbahaya

Cara Meningkatkan Keamanan Website Agar Terhindar Dari Serangan Berbahaya


Internet telah mengubah zaman ke arah yang lebih moderen dan serba cepat. Kemudahan ini pun dapat terlihat dari banyaknya website atau blog sebagai sumber utama memperoleh informasi.

Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan memiliki website. Anda dapat memajang karya atau produk yang dipasarkan. Selain itu, Anda dapat membuat konten ringan yang menjadi inspirasi banyak orang.

Namun, memiliki website bukan berarti tanpa resiko. Selalu ada ancaman berbahaya yang mengintai seperti hacking dan virus. Meningkatkan keamanan website perlu diperhatikan sedari awal agar kegiatan blogging maupun hal lainnya dapat dilakukan dengan baik.

Meningkatkan keamanan website yang tepat


Meningkatkan keamanan website adalah bentuk proteksi dini yang mampu menghindarkan website dari berbagai ancaman buruk. Anda pun harus selalu waspada akan setiap pihak yang berusaha memanfaatkan situasi secara tidak bertanggung jawab.

Ada beberapa cara agar website tahan dari serangan merugikan tersebut. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Selalu update pada website atau blog


Cara pertama yang dapat dilakukan adalah selalu melakukan update. Di beberapa situs berbayar, ada sistem plugin yang secara otomatis akan diupdate. Untuk update biasanya disesuaikan dengan kebutuhan pembaharuan pada platform website. Dengan terus melakukan update dapat meminimalisir kejadian hacking, virus atau malware pada situs maupun blog Anda.

2. Memperkuat kontrol pada akses website


Anda juga perlu memperkuat kontrol pada akses website. Mulailah menggunakan password dengan kombinasi huruf dan angka yang sulit dilacak. Anda harus membatasi login pada waktu-waktu tertentu. Jangan malas untuk melakukan penggantian password secara berkala. Selain itu, Anda bisa mengganti database prefix standar menjadi database yang akan sulit ditemukan.

3. Meningkatkan keamanan pada jaringan


Hal ini berlaku apabila Anda menggunakan komputer lain di beberapa tempat seperti warnet atau kantor. Komputer tersebut tidak hanya digunakan oleh satu orang saja, sehingga ada tendensi membawa virus berbahaya bagi website Anda. Oleh karena itu perkuat keamanan jaringan dengan beberapa langkah seperti password yang sering diganti dan tersusun dari kombinasi yang rumit. Kemudian perangkat-perangkat yang terpasang harus melalui proses scan malware.

4. Memasang Web Application Firewall (WAF)


Anda dapat memasang Firewall sebagai salah satu tindakan preventif. Web Application Firewall (WAF) bekerja pada layer aplikasi dengan memonitor serta memodifikasi HTTP request. Dengan memasang WAF kemungkinan pembajakan dan virus yang akan mengancam dapat diminimalisir.

5. Memasang protokol SSL


Selain WAF, Anda juga dapat mengandalkan SSL. SSL atau Secure Socket Layer merupakan sistem keamanan berupa layer atau lapisan yang berfungsi melindungi setiap transaksi pada website. Sistem ini bekerja menggunakan teknologi enkripsi data yang mutakhir. Memasang SSL berarti Anda telah memberikan manfaat pada website.

Beberapa manfaat tersebut diantaranya memberikan keamanan pada tiap bentuk transaksi seperti data kartu kredit, kata sandi, dan data lainnya. Selain itu, Anda akan memperoleh layanan malware scanning dan security vulnerability secara gratis.

Itu tadi beberapa cara yang dapat dilakukan dalam meningkatkan keamanan website. Memberi perlindungan  pada website merupakan sebuah keharusan yang tidak boleh Anda abaikan begitu saja.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang pemuda yang lahir di kota bekasi yang hanya ingin memberikan informasi mengenai berbagai tips serta tempat wisata dan info menarik lainnya melalui blog personal ini.

Berkomentarlah menggunakan kata yang baik,sopan, dan sesuai dengan isi topik diatas !
Terima kasih
EmoticonEmoticon