Selasa, 20 Juni 2017

Ucapkan Salam Perpisahan Untuk Rekan Kerja Kantor Dengan Penuh Keyakinan

Tags
Ucapkan Salam Perpisahan Untuk Rekan Kerja Kantor Dengan Penuh Keyakinan
BCA Utan Kayu 30-07-2017

Memilih untuk mengabdi pada suatu perusahaan atau instansi harus siap menerima segala konsekuensi. Itulah nasib yang harus diterima oleh bawahan, yang tidak memiliki kekuatan yang besar untuk menentukan langkah ke depan.

Semua aturan dan kebijakan yang telah ditetapkan mau tidak mau harus diterima dengan lapang dada, termasuk soal kontrak kerja yang tidak diperpanjang. Ya, saat sudah tiba habis kontrak maka sebutuh apapun seseorang akan pekerjaan itu tetaplah tidak bisa berbuat banyak. Banyak orang yang bekerja pada suatu perusahaan atau instansi namun dibayangi terus setiap hari tentang kontak kerja.

Rasa khawatir dari pekerja yang terikat kontrak tentunya wajar lantaran tidak adanya kepastian mendapatkan perpanjangan masa kontrak kerja. Pihak pemberi kerja, pastinya sudah memahami betul bagaimana kontrak kerja yang membuat aman perusahaan. Dan ketika pelamar kerja melamar pekerjaan, biasanya juga sudah disodorkan dengan jelas mengenai kontrak kerja yang harus ditandatangani.

Ketika pemberi kerja memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak ketika habis kontrak kerja, maka pekerja tidak bisa memprotes dan hanya bisa ucapkan salam perpisahan untuk rekan kerja kantor. Kontrak kerja dibuat untuk mengamankan kedua belah pihak. Dan salah satu poin penting yang selalu dipikirkan oleh pemberi kerja adalah soal masa kontrak kerja dan pemutusan hubungan kerja.

Dalam kontrak kerja, umumnya terdapat kesepakatan tentang masa kontrak kerja yang akan menjelaskan hubungan antara pekerja dan pemberi kerja. Misalnya, dalam sebuah isi kontrak kerja diberikan penjelasan bahwa pemberi kerja bisa memutuskan untuk memperpanjang kontrak kerja atau tidak berdasarkan evaluasi dan juga kebutuhan dari perusahaan.

Jika pekerja diputuskan untuk tidak diperpanjang, apa lagi yang bisa dilakukan selain memberikan salam perpisahan untuk rekan kerja kantor? Pekerja tidak bisa naik banding atau memohon jika memang pemberi kerja tidak lagi membutuhkan jasanya. Walaupun sudah lama mengabdi, sudah akrab dengan teman satu kantor, atau sudah berjasa banyak, namun ketika tiba masa habis kontrak maka semua keputusan ada dipemberi kerja.

Agar tidak terlalu mengguncang diri, ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh seseorang yang sudah dekat dalam masa habis kontrak dalam bekerja. Hal ini menjadi penting untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yaitu kontrak kerja yang tidak diperpanjang. Ya, rencana kedepan setelah diputuskan tidak bisa lagi bekerja haruslah sudah disiapkan minimal 3 bulan sebelum masa kerja habis.

Apa sajakah yang bisa dilakukan untuk merencanakan kemungkinan terburuk itu? Yang pertama adalah mencari lowongan pekerjaan terbaru. Mencari banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan yang bisa menjadi sumber penghasilan baru sangatlah penting. Biasanya orang yang sudah memiliki kerja, tidak mencari banyak informasi pekerjaan lain.

Hal ini sangat buruk untuk orang yang bekerja pada sebuah kantor yang menerapkan sistem kontrak. Jika tidak siap dengan banyak informasi pekerjaan dari tempat lain, akan membuat gugup dan bingung ketika nanti diputuskan diberhentikan oleh kantor. Jangan sampai, keluar dari kantor hanya menyisakan kesedihan dan hanya bisa memberi salam perpisahan untuk rekan kerja kantor tanpa ada rencana matang untuk kehidupan setelahnya.

Selain mencari pekerjaan baru, bisa juga melakukan hal hal lainnya. Untuk para pekerja yang kesusahan untuk mendapatkan pekerjaan tetap atau tanpa kontrak, maka bisa meng-upgrade diri dengan mengikuti berbagai pelatihan atau juga bisa melanjutkan kuliah. Membuat diri sendiri menjadi lebih bernilai adalah langkah yang tepat untuk harapan hidup yang lebih baik.

Besar kemungkinan, semakin banyak keahlian dan gelar yang dimiliki maka akan bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Masa mendekati habis kontrak bisa diisi dengan mencari informasi berbagai pelatihan yang bisa menunjang karir atau juga bisa mencari penerimaan mahasiswa baru untuk pendidikan yang diinginkan. Jadi, ketika sudah mendekati masa kontrak yang habis tidak hanya disikapi dengan kepasrahan atau hanya mengarang ucapan salam perpisahan untuk rekan kerja kantor saja.

Para pekerja yang bosan dengan kontrak kerja bisa mencoba kehidupan yang baru dengan berwirausaha. Ya, biasanya inilah cara yang paling diminati oleh banyak orang untuk membalas kekesalan akibat kontrak kerja tidak diperpanjang. Beralih menjadi pengusaha tidak hanya bisa menjadi sumber penghasilan pengganti gaji dari kantor.

Namun, beralih menjadi pengusaha bahkan bisa membuat kehidupan berubah menjadi lebih baik. Umumnya, para mantan pekerja yang tidak bisa lagi bekerja lantaran habis kontrak, ingin menjadi pengusaha karena ingin merasakan kenikmatan menjadi atasan. Hal ini menjadi baik jika ambisi tersebut dipersiapkan dengan matang dan penuh rencana meraih kesuksesan.

Namun jika hanya berupa emosi kekesalan, maka bisa jadi justru menjadi bumerang yang membawa ke kehancuran. Banting stir untuk menjadi pengusaha tidak harus mengandalkan modal untuk senjata utama. Yang terpenting justru keahlian dalam berwirausaha harus dimiliki. Tidak semua orang memiliki jiwa wirausahawan dalam dirinya.

Apalagi, jika telah terbiasa hanya menjadi pekerja yang tidak terlalu memikirkan penentuan keputusan dan juga memperhatikan risiko di depan. Dan juga, ketika tidak biasa merencankan strategi, bisa juga justru usaha yang dijalankan hanya menghabiskan harta yang tersisa. Maka dari itu, sebelum habis kontrak kerja tiba, perlu sekali membekali diri dengan berbagai ilmu kewirausahaan jika menginginkan menjalani usaha setelah berhenti bekerja di kantor. Membekali diri dengan ilmu ilmu kewirausahaan bisa diperoleh dari berbagai cara.

Misalnya, cara yang termudah adalah dengan membeli buku. Buku buku strategi bisnis dan cara manajemen pemasaran bisa dicari diberbagai toko buku untuk dipelajari. Selain itu, cara lainnya yang mudah juga dilakukan adalah mencari rekan atau kerabat yang sudah berkecimpung dalam dunia bisnis. Gunakan waktu sepulang bekerja dikantor untuk menimba ilmu dari orang yang berpengalaman, untuk membekali diri menghadapi habis kontrak di kantor.

Beberapa cara dalam menghadapi habis kontrak kerja diatas bisa menjadi opsi yang baik untuk dipilih. Dengan menyiapkan diri sedini mungkin mencari pekerja lain, tidak akan membuat masa menganggur menjadi terlalu lama. Tidak ada ruginya mencari berbagai info lowongan pekerja lain dan menyiapkan segala persyaratan yang harus dipenuhi.

Jadi, ketika masa kerja habis dan tidak diperpanjang bisa lansung segera mencari pekerja lainnya secepat mungkin. Begitu juga dengan menambah gelar dan keahlian diri, habis kontrak dikantor sangat baik untuk disikapi sebagai kesempatan membuat diri sendiri menjadi lebih berharga. Namun, opsi ini hanya bisa dipilih ketika sumber penghasilan tidak sedang benar benar dibutuhkan.

Dan cara yang ketiga dengan memilih menjadi pengusaha, merupakan cara terbaik untuk menjadikan kehidupan lebih baik jika dipersiapkan dengan penuh perencanaan matang. Ketiga cara diatas sangat baik untuk dilakukan untuk menghadapi kemungkinan terburuk dari pemberi kerja di kantor. Dengan begitu, mengucapkan salam perpisahan untuk rekan kerja kantor bisa dengan penuh percaya diri dan keyakinan untuk bisa tetap sukses dan bahkan jauh lebih sukses dari sebelumnya.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang pemuda yang lahir di kota bekasi yang hanya ingin memberikan informasi mengenai berbagai tips serta tempat wisata dan info menarik lainnya melalui blog personal ini.