Selasa, 13 Juni 2017

Inilah Cara Membuat Laptop agar Tidak Lemot

Inilah Cara Membuat Laptop agar Tidak Lemot


Memiliki laptop yang lambat tentu sangat menyebalkan bukan? Selain menyita waktu, laptop yang lemot juga menyebabkan pekerjaan menjadi terganggu. Pada dasarnya, ada banyak sekali faktor yang menyebabkan kinerja laptop menjadi melambat mulai dari masalah pada hardware hingga software.

Tak sedikit orang-orang yang mencari informasi mengenai Cara membuat laptop agar tidak lemot karena laptop yang lemot memang menjadi masalah yang cukup besar untuk penggunanya. Jangankan untuk mengoperasikan laptop, membuka startup saja terkadang sangatlah lambat. Bahkan saat membuka windows explorer laptop mulai ngehang kemudian not responding. Oleh karenanya, kali ini akan diulas terkait cara mengatasi masalah laptop yang lamban.

Inilah cara membuat laptop agar tidak lemot

1. Uninstall program atau aplikasi yang tidak dibutuhkan


Cara pertama adalah Anda install aplikasi atau program yang dianggap tidak dibutuhkan. Laptop yang memliki banyak aplikasi dapat membuat kinerja laptop menjadi melambat.

Karena sebenarnya, program – program laptop tersebut memenuhi resource memory laptop meskipun tidak sedang digunakan.

Akhirnya, pengalokasian memori dalam laptop menjadi tidak optimal sehingga menyebabkan laptop lemot. Jadi, uninstall program berukuran besar atau program yang telah habis masa trial nya.

2. Hilangkan virus


Salah satu faktor yang menyebabkan menurunnya kinerja laptop adalah virus. Pasalnya, virus yang menyerang laptop akan tinggal di dalam memory ketika laptop mulai melakukan booting.

Selain itu, adapula tipe virus yang dibuat sengaja untuk memenuhi beban memory sehingga menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat. Oleh karena itu, cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi laptop yang lambat adalah dengan melakukan scanning system dengan teratur.

Jangan lupa untuk selalu mengupdate software anti virus pada laptop agar kinerjanya semakin maksimal. Salah satu virus yang seringkali menyerang laptop adalah adware.

Virus ini sering menyelinap melalui iklan yang ada di mesin pencari atau bagian homepagenya. Munculnya adware dikarenakan pengguna yang menginstall software tanpa memahami serta membacanya lebih dulu. Tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengatasinya dengan software “Adware Remover” yang bisa dicari di internet.

3. Tingkatkan performa harddisk


Kapasitas hard disk laptop yang terlalu penuh, khususnya di bagian drive C bisa menyebabkan kecepatan laptop berkurang. Jadi, usahakan agar di drive C tersedia ruang kosong yang cukup.

Tak hanya itu, masalah pada hard disk seperti hard disk yang sudah usang, hard disk bad sector, dan hard disk terfragmentasi juga seringkali menyebabkan laptop lemot. Jadi cobalah Anda meng-upgrade hard disk laptop supaya kinerjanya semakin maksimal.

Karena meskipun Anda sudah menghapus banyak ile sementara, pada kenyataannya tidak akan memberikan dampak yang terlalu signifikan jika ternyata memang hard disk Anda bermasalah dan memiliki banyak sekali file. Apabila ruang yang tersisa pada hard disk kurang dari 3 GB, tentu saja sudah jelas alasan mengapa laptop Anda menjadi lemot.

4. Upgrade RAM


Cara membuat laptop agar tidak lemot selanjutnya adalah upgrade RAM. Perlu diketahui bahwa RAM yang kecil pada dasarnya juga mempengaruhi kinerja laptop. Karena tidak bisa menjalankan dan mengeksekusi perintah dengan cepat.

Hingga akhirnya, proses perintah menjadi menumpuk lalu membebani system. Jika laptop Anda memang memiliki kapasitas RAM yang minim, maka segeralah melakukan upgrade agar performa laptop semakin lebih optimal.

Demikianlah beberapa Cara membuat laptop agar tidak lemot. Jika cara di atas masih tidak bisa membantu laptop Anda, maka sangat disarankan untuk Anda menginstall ulang laptop. Karena bisa jadi yang bermasalah adalah program windows yang digunakan.

    Artikel Terkait

    Saya adalah seorang pemuda yang lahir di kota bekasi yang hanya ingin memberikan informasi mengenai berbagai tips serta tempat wisata dan info menarik lainnya melalui blog personal ini.

    Berkomentarlah menggunakan kata yang baik,sopan, dan sesuai dengan isi topik diatas !
    Terima kasih
    EmoticonEmoticon