Minggu, 25 Juni 2017

Cara Aman Menggunakan Sosial Media di Era Digital

Tags

Cara Aman Menggunakan Sosial Media di Era Digital


Kini, hampir tiap hari dalam kehidupan para millenial tak akan lepas dari gadget. Salah satu fungsinya adalah untuk berkomunikasi dengan banyak orang, terutama melalui sosial media.

Beragamnya sosial media yang sedang tren sekarang, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat dan lain-lain menjadi tempat berkumpul para millenial yang tak pernah absen dalam membagikan kabar terbaru mereka pada teman-temannya di dunia maya.

Namun, nyatanya sosial media tak hanya digunakan sebagai tempat menjaring pertemanan. Berita hoax juga dapat tersebar dengan cepat melalui media sosial serta menjadi viral walau belum terbukti kebenarannya. Dibutuhkan cara aman menggunakan sosial media terutama di era digital seperti sekarang ini.

Cara Aman Menggunakan Sosial Media Untuk Remaja


Diciptakannya sosial media memang memiliki tujuan mulia yaitu untuk menjalin pertemanan dengan orang-orang yang letaknya jauh atau dengan teman-teman semasa kecil yang sudah jarang kita temui. Namun, penggunaannya tetap harus diperhatikan agar tidak kebablasan dan tetap aman.

  • Maraknya peredaran berita hoax atau berita palsu yang belum terbukti kebenarannya melalui media sosial harus menjadi perhatian khusus. Sebaiknya kita tidak ikut membagikan ataupun mengomentari berita-berita hoax ini. Tujuannya adalah agar berita-berita yang belum dapat dipastikan kebenarannya itu semakin tersebar luas.
  • Cara aman menggunakan sosial media selanjutnya adalah dengan hanya berteman atau memfollow akun-akun yang kita kenal atau memberi manfaat. Jika ada akun tertentu yang seringkali membagikan berita hoax, segera unfollow.
  • Seringkali kita temukan adanya postingan foto di media sosial dengan caption “tulis Aamin atau klik Like sama dengan satu doa”. Fakta di balik postingan foto yang kerap mendapat ratusan ribu Like dan komentar ini ternyata sangat mencengangkan.

    Akun yang gemar memposting foto demikian biasanya akan dijual setelah mencapai sekian followers. Harga akun bisa sangat mahal, yaitu mencapai sepuluh juta rupiah. Ini karena banyaknya followers sehingga akun bisa digunakan untuk tujuan lain seperti kampanye politik hingga berjualan online setelah dibeli. Kita sebaiknya menjadi pengguna media sosial yang cerdas dan tidak ikut memberi Like atau komentar pada postingan-postingan semacam ini.

Cerdas menggunakan media sosial juga termasuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin dalam berinteraksi dengan teman-teman dunia maya. Jangan sampai kita kebablasan dalam bermain media sosial dan melupakan teman-teman atau aktivitas kita di dunia nyata.

Batasi waktu penggunaan media sosial dan luangkan waktu juga untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekitar kita. Karena bagaimanapun, kita hidup di dunia nyata, bukan di dunia maya.

Demikian adalah beberapa cara aman menggunakan sosial media agar kita terhindar dari berita hoax serta tetap dapat memanfaatkan media sosial semaksimal mungkin setiap harinya.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang pemuda yang lahir di kota bekasi yang hanya ingin memberikan informasi mengenai berbagai tips serta tempat wisata dan info menarik lainnya melalui blog personal ini.

Berkomentarlah menggunakan kata yang baik,sopan, dan sesuai dengan isi topik diatas !
Terima kasih
EmoticonEmoticon