Kamis, 22 Juni 2017

Inilah Cara agar Komputer Tidak Cepat Panas

Inilah Cara agar Komputer Tidak Cepat Panas


Komputer yang cepat panas memang cukup merepotkan. Tak heran jika banyak yang mencari tahu Cara agar komputer tidak cepar panas. CPU komputer yang panas bisa diidentifikasikan dengan beberapa aplikasi yang memang berfungsi untuk mendeteksi suhu komputer. Suhu CPU idealnya berkisar antara 39 sampai 49 derajat celcius pada kondisi tidak sedang menjalankan program yang besar dan berat.

Tapi jika sedang digunakan untuk mengoperasikan program yang berat, maka level suhunya berada pada kisaran 60 derajat celcius. Jika saat tidak digunakan untuk program berat komputer Anda suhunya sudah mencapai 60 derajat celcius, tentu saja bisa disimpulkan bahwa ada masalah pada CPU komputer Anda yang menyebabkan panas.

Wah, ini dia cara agar komputer tidak cepat panas


Ada banyak faktor yang menyebabkan komputer panas. Beberapa diantaranya adalah CPU Usage 100% atau berlebihan, terdapat Malware komputer, Overclocking PC, menjalankan aplikasi yang terlalu besar serta memakan banyak memori, penggunaan PC 24 jam secara non stop, Pasta Thermal bagian CPU yang mengering, kipas CPU tersumbat, perangkat keras yang ternyata tidak kompatibel dan lain sebagainya.

Dampak dari komputer dan CPU yang cepat panas adalah komputer akan mati secara tiba-tiba, komputer menjadi lemot, merestart sendiri, komponen komputer dan CPU berpotensi terbakar, radiasi panas yang membahayakan kulit, dan mengganggu aktivitas selama menjalankan komputer. Oleh karena itu, berikut ini akan diulas terkait Cara agar komputer tidak cepar panas.

1.Mengganti kipas CPU


Kipas CPU sangat baik untuk membuat komputer dan CPU berada dalam suhu yang stabil. Khusus untuk bagian monitor, Anda bisa memakai fan biasa. Sementara untuk CPU, Anda bisa membeli kipas khusus di toko yang menjual aksesoris komputer.

Kipas CPU ini harus diganti secara berkala agar komponen CPU tidak mudah terbakar dan rusak. Pada beberapa kasus, kipas CPU tidak bisa dipakai lagi untuk mendinginkan mesin komputer. Maka dari itu, sekarang ini telah tersedia pendingin internal yang dikenal dengan nama Water Cooling Kit.

Sekedar informasi, Water Cooling Kit memiliki bentuk seperti pompa yang didalamnya berisi cairan. Nah, alat ini akan dimasukkan ke dalam CPU dan menyerap semua panas dalam komponen sehingga ruang mesin CPU akan benar-benar terasa dingin. Jika Anda menggunakan laptop, maka bisa membeli laptop fan atau Cooling Pad.

2. Membersihkan CPU komputer


Debu yang berkumpul dan menumpuk pada CPU bisa menyebabkan udara panas semakin tinggi. Tak hanya itu, debu rokok, jaring laba-laba, rambut hewan dan lain sebagainya juga bisa membuat fan CPU menjadi tersumbat.

Akhirnya sirkulasi udara menjadi terganggu dan komputer menjadi lebih cepat panas. Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkan sela-sela CPU dan komputer secara rutin agar sirkulasi udara bisa lancar dan angin bisa masuk mendinginkan komponen hardware komputer.

3. Membuka casing CPU


Membuka casing CPU juga isa membuat suhu komponen mesin kembali normal. Pasalnya udara dari luar dapat dengan mudah berhembus dan masuk ke dalam komponen mesin CPU.  Dengan begitu, komputer tidak akan mudah panas.

4. Menggunakan anti virus


Salah satu penyebab komputer cepat panas adalah adanya virus yang menyerang komputer Anda. Oleh karena itu, pastikan bahwa komputer Anda aman dari serangan komputer dengan memasang aplikasi antivirus yang berkualitas baik.

5. Hindari Overlocking


Cara agar komputer tidak cepar panas yang terakhir adalah hindari overclocking karena hal ini bisa menyebabkan suhu komputer semakin meningkat. Oleh karena itu, apabila Anda memang tidak memerlukan overclocking maka sebaiknya hindari hal tersebut.

Demikianlah artikel Cara agar Komputer Tidak Cepat Panas, Semoga bisa bermanfaat bagi Anda.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang pemuda yang lahir di kota bekasi yang hanya ingin memberikan informasi mengenai berbagai tips serta tempat wisata dan info menarik lainnya melalui blog personal ini.

Berkomentarlah menggunakan kata yang baik,sopan, dan sesuai dengan isi topik diatas !
Terima kasih
EmoticonEmoticon