Sabtu, 06 Mei 2017

Cara Membuat Partisi HardDisk Tanpa Sofware

Cara Membuat Partisi HardDisk Tanpa Sofware

Hard disk komponen yang wajib ada dalam komputer karena hard disk digunakan sebagai alat media penyimpanan file sekaligus menjadi tempat operation system (OS), untuk berjalan perangkat lunak pun seperti software tidak akan bisa berjalan tanpa adanya hardisk perangkat lunak akan berjalan kalau ada OS dan OS membutuhkan hardisk untuk berjalan, karena tanpa hardisk komputer tidak akan bisa berjalan, menyala iya tapi tidak akan bisa beroperasi normal karena tidak ada media tempat menginstal OS.

Secara default partisi hard disk hanya ada 1, dan tentunya kita harus membagi nya menjadi beberapa bagian untuk kita menyimpan file berdasarkan kategori, seperti partisi 1 untuk file system OS dan partisi 2 untuk file pribadi. Karena jika kita menyatukan semuanya menjadi 1 jikalau terjadi error pada OS komputer kita dan terpaksa untuk install ulang pasti semua data pribadi kita ikut hilang karena dalam proses install ulang partisi system biasanya akan terformat semuanya dan tentunya file didalamnya pun ikut terhapus.

Berikut Cara Membuat Partisi HardDisk Tanpa Sofware


  • Buka control panel lalu cari system and security lalu cari administrative tools.
  • Disitu pasti ada tulisan "create and format hard disk partitions" klik itu untuk membuka disk management.
  • Cari partisi default milik Anda misalnya drive C: bisa berbeda pokoknya cari drive utama kalian lalu klik kanan pada driver tersebut lalu klik shrink volume.
  • Isi pada kolom "enter the amount of space to shrink in MB" dengan berapa volume partisi yang akan Anda bagi nanti isikan dengan satuan Mb (Megabytes) lalu tekan shrink. Maka akan muncul partisi free space yang akan tampil berwarna hijau.
  • Klik kanan pada partisi free space tadi lalu klik kanan pada mouse klik lagi new simple volume untuk membuat partisi baru dari partisi free space tadi.
  • Kemudian Anda klik next pada simple volume size, isi dengan berapa besar volume yang akan Anda buat partisi baru isi dengan satuan Mb (Megabytes) lalu klik next lagi.
  • Selanjutnya pilih assign of following drive letter dan isikan dengan letter apa saja terserah Anda lalu klik next lagi.
  • Selanjutnya pilih format this volume with the following setting.
    File system : NTFS
    Allocation unit size : Default
    Volume label : (Isi dengan nama yang Anda inginkan)
    Beri ceklis pada perform a quick format lalu klik next lagi.
  • Terakhir klik finish dan otomatis pc reboot jika tidak mereboot maka Anda harus manual reboot, karena jika tidak di reboot partisi tidak akan terbuat.
Demikianlah Cara Membuat Partisi HardDisk Tanpa Sofware, semoga toturial diatas bermanfaat bagi Anda.

Artikel Terkait

There's nothing special about me.

Berkomentarlah menggunakan kata yang baik,sopan, dan sesuai dengan isi topik diatas !
Terima kasih
EmoticonEmoticon