Kamis, 27 April 2017

6 Manfaat Google Webmaster Tools


6 Manfaat Google Webmaster Tools


Google Webmaster Tools adalah sebuah fitur dan fasilitas yang telah diberikan oleh Google untuk mempermudah dalam penggunaan situs dalam ruang lingkup mesin pencari atau Search Engine. Dengan Google Webmaster Tools, Anda dapat mengamati tentang pergerakan dan aktifitas situs dalam mesin pencari.

Kemampuan untuk mengirimkan sitemap Anda melalui alat webmaster setiap kali Anda melakukan perubahan ke web Anda, tetapi itu adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memberitahu Google perubahan ke situs web Anda.

Google Webmaster Tools merupakan sebuah alat gratis dari google. Tentunya tool berbasis web (web base dan bukan software) tools ini digunakan untuk melihat hal-hal seperti web yang didaftarkan di mesin pencari verification details, search appearance, google index, crawl, search traffik, security issues dan other resources.

Ini adalah alat utama bagi pemilik situs web untuk mengelola semua informasi situs back-end dan memastikan pengindeksan yang tepat ketika Google merayapi situs Anda. Hal ini sangat penting untuk memastikan tidak ada masalah dengan situs web Anda.

Sehingga ketika di indeks oleh Google, itu akan menerima kemungkinan peringkat tertinggi dan pada gilirannya membawa lebih banyak lalu lintas ke situs Web Anda. Ini juga merupakan alat yang hebat untuk melaporkan statistik dan diagnostik yang berkaitan dengan manajemen halaman situs Anda di indeks Google.

Berikut manfaat-manfaat penting lainnya dari Google Webmaster tools


1. Memberi fasilitas konfigurasi


Fasilitas konfigurasi pada Google Webmaster Tools digunakan untuk mengatur target geografis sesuai tujuan, url parameter, tautan situs, pengaturan pengguna Google Webmaster, perubahan alamat, dan lain-lainnya.

2. Memberi informasi tentang aktifitas situs


  • Mengetahui kesalahan perayapan (crawl) oleh google, kesalahan server, dan kesalahan url.
  • Mengetahui keywords (kata kunci) yang digunakan pengunjung dalam mengunjungi situs Anda.
  • Mengetahui grafik tentang beberapa kesalahan crawl, kesalahan server, dan kesalahan url.
  • Mengetahui banyaknya url yang di indeks oleh Google.
  • Mengetahui banyak link Anda yang diklik oleh para pengunjung.
  • Mengetahui url yang di cekal karena salah setting dalam pengaturan situs.
  • Dan masih banyak lagi informasi yang terkait dengan situs.

3. Informasi kinerja situs


Karena berbagai alasan yang datang, tahun lalu Google mengumumkan bahwa waktu dalam membuka situs akan menjadi faktor pemicu dalam peringkat algoritma. Tapi bagaimana pemilik sebuah situs bisa mengetahui seberapa cepat loading situsnya.

Salah satu fungsi penambahan Google Labs' terbaru ke Google Webmaster Tools adalah sebagai alat situs kinerja, yang bisa menunjukkan pemilik situs seberapa cepat loading situs ketika diakses dan bagaimana jika dibandingkan dengan situs yang lain. Kita bisa melihatnya dalam grafik history tentang kecepatan dan beban situs Anda.

4. Meningkatkan kualitas dan pagerank situs


Google Webmaster juga mendukung upaya situs dalam meningkatkan pergerakan pagerank. Anda bisa melakukan upaya tersebut melaui penyempurnaan HTML dengan menghapus link yang rusak, duplikat konten, duplikat meta deskripsi, dan memperbaiki judul tag yang hilang (salah satu penyebabnya karena Anda lupa menulis judul posting, sedangkan Google telah mengindeks url posting tersebut).

5. Deteksi malware


Sebuah situs yang telah terdaftar di Google Webmaster Tools dan telah diverifikasi, Google akan langsung memberitahu tentang informasi ketika ia menemukan malware di situs tersebut. Google akan menunjukkan bahwa pada situs tersebut terdapat sesuatu yang mencurigakan dan dianggap sebagai malware.

Google juga akan menawarkan saran tentang solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Jika Google Webmaster Tools menemukan sesuatu yang mencurigakan atau malware di situs Anda, semua pengunjung situs Anda di browser Google Chrome akan mulai melihat notifikasi pesan peringatan, jadi segera ikuti saran dan solusi yang diberikan Google.

Setelah memperbaiki situs Anda dari masalah malware, Anda dapat kembali ke Google Webmaster Tools dan Google telah menelusuri ulang situs untuk memastikan bahwa ia tidak lagi mendeteksi masalah malware. Begitu juga dengan para pengunjung ke situs Anda, mereka yang menggunakan browser Google Chrome tidak akan lagi melihat notifikasi pesan peringatan. Ini merupakan hal yang penting dalam menjaga keamanan situs Anda.

6. Perpindahan historical data dari satu domain ke domain lainnya


Google telah menyediakan cara praktis untuk menjaga data historis Anda dari Google Webmaster Tools, meskipun apabila profil situs telah dirubah karena perubahan domain situs. Jika Anda memiliki domain baru dan menginginkan untuk berpindah domain.

Maka Anda hanya cukup membuat domain itu dengan mendaftarkan domain tersebut di Google Webmaster Tools dan memverifikasinya, seperti yang akan Anda  lakukan pada setiap situs. Kemudian gunakan Perubahan fitur alamat di Google Webmaster Tools untuk mengingatkan Google dalam memindahkan data historis dari profil domain lama ke yang baru.

Demikianlah artikel tentang 6 Manfaat Google Webmaster Tools yang saya buat, semoga bermafaat bagi Anda.

Artikel Terkait

There's nothing special about me.

Berkomentarlah menggunakan kata yang baik,sopan, dan sesuai dengan isi topik diatas !
Terima kasih
EmoticonEmoticon