Kamis, 27 April 2017

10 Penyebab Komputer Hang

10 Penyebab Komputer Hang


Pengertian komputer yang mengalami hang adalah keadaan dimana komputer salah satu programnya, atau seluruh sistemnya berhenti secara keseluruhan menanggapi input atau masukkan. Apabila kondisi masih memungkinkan, Anda bisa saja menggunakan cara dengan menekan tombol CTRL+ALT+DEL untuk membuka jendela Task Manager dan memilih aplikasi yang Not Responding dan menutupnya secara paksa dengan menekan tombol End Task.

Namun apabila komputer mengalami macet total, salah satu cara dengan Anda melakukan  mereset komputer Anda secara paksa, hard reset dengan menekan tombol restart atau tombol power dan menyalakannya kembali lagi.

Adapun 10 Penyebab Komputer Hang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Panas (Overheating)


Sebagian komputer menjadi hang, karena sistem pendingin pada CPU tidak berjalan dengan baik.
Untuk menanggulangi hal ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan :

  • Silakan Anda buka terlebih dahulu heatsing dan kipas processor secara pelan-pelan dan hati - hati.
  • Lalu Anda bersihkan sirip-sirip pendingin dan fan processor dari debu dengan menggunakan koas, jika kipas processor Anda mengalami macet, berikan minyak pelumas sedikit saja pada bagian poros, jika sudah mengalami kerusakan yang sangat fatal atau sudah tidak dapat berputar kembali, alangkah baiknya kipas processor tersebut Anda ganti dengan yang baru.
  • Jangan lupa dengan thermal paste yang sudah kering yang menempel pada processor dan heatsink Anda bersihkan juga, Anda ganti dan oleskan hermal paste yang baru.
  • Silakan Anda masukan lagi processor, heatsink serta fan ke dalam dudukannya secara pelan-pelan dan hati-hati.
  • Saat Anda memasangnya silakan Anda perhatikan posisi heatsink (logam pendingin) dan kipas fan Processor, pastikan kondisi heatsing sudah terpasang secara benar terutama untuk tipe Heatsing untuk Processor socket LGA, Dan perhatikan juga kondisi tiap-tiap sekrup yang terpasang.

2. Virus


Infeksi Virus dapat menyebabkan komputer tidak stabil, beberapa Virus dapat menghapus boot sektor dari sebuah hard drive sehingga mustahil untuk start sebuah program aktifitas dari Virus yang memakan banyak resource komputer sering menyebabkan komputer melambat bahkan menjadi hang. Untuk itu lengkapi komputer dengan anti virus yang selalu terupdate.


3. Hard Disk


Masalah pada Hard Disk yang menyebabkan komputer hang, Sebagai berikut :

  • Kapasitas Hard Disk Low Space
    Untuk mengatasinya Hard Disk Low Space, silakan Anda jalankan dulu disk clean up untuk membersihkan Hard Disk dari file-file temporary atau file sampah. Cara menjalankan Disk Cleanup Up. Dengan cara menekan tombol Window + R ketik : cleanmgr, atau bisa juga menggunakan klik start –>>run –>>ketik : cleanmgr, yang perlu di Clean Up hanyalah C : Systemnya saja.
  • Mendefrag Hard Disk
    Untuk mengatasinya, silakan Anda jalankan Disk Defragmenter agar file-file yang ada di Hard Disk dapat tersusun kembali secara rapi. Cara melakukan Defragment Hard Disk : Buka start menu–>> aksesoris–>> system tool–>> Disk Fragmenter, yang perlu di Defrag hanya lah C: System nya saja, Anda ceklis terlebih dahulu pada tanda C:System lalu Anda klik analyze, kemudian jika sudah selesai tinggal Anda lakukan klik Defrag tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Hard Disk Bad Sector
    Jika Anda mengalami Hard Disk Bad Sector, silakan Anda mencopot hard Disk tersebut dan memasangkannya pada komputer lain kemudian menjalankan program Check Disk untuk memeriksa dan memperbaiki kerusakan pada  Hard Disk tersebut. Setelah Hard Disk selesai diperbaiki kemudian dipasangkan kembali pada komputer sebelumnya.

4. RAM (Random Acces Memory)


RAM yang rusak sering juga menjadi faktor komputer menjadi hang, periksalah kembali RAM yang terpasang dengan kapasitas RAM yang terbaca oleh komputer, sebab ada kalanya Anda memasang beberapa keping RAM tetapi yang terbaca hanya satu keping saja, beberapa RAM yang digunakan tetapi tidak identik (sama tipe dan kapasitasnya) bukannya malah mempercepat komputer tetapi malah memperlambat dan membuat hang komputer Anda.

Kondisi lembab dan kotor dapat menyebabkan RAM sering menyebabkan “blue screen” bahkan monitor tidak menampilkan gambar apapun. Cabut dan bersihkan RAM dengan pelan-pelan dan hati-hati lalu tancapkan kembali. Cek dan ganti RAM dengan spesifikasi yang sama jika Anda memasang 2 keping RAM yang berbeda.

Penyebab : Kerusakan RAM akan menyebabkan layar mati dengan pesan yang mengatakan Fatal Exception Error. Sebuah kesalahan fatal menunjukkan masalah Hardware yang serius. Kadang-kadang hal ini dapat berarti ada bagian yang rusak dan perlu penggantian.

Cara mengatasi : Salah satu cara untuk memecahkan masalah ini adalah untuk masuk ke setting BIOS dan meningkatkan wait state dari RAM, hal ini dapat membuatnya lebih stabil. Cara lain untuk memecahkan masalah ini adalah mengatur ulang Chips RAM pada Motherboard dengan cara membuka dan memasang kembali dengan benar.

5. VGA


Beberapa komputer juga mengalami hang karena terdapat keruksakan pada kartu VGA-nya. Hal ini juga pernah saya alami ketika seorang teman mengeluhkan kondisi komputernya yang tiba-tiba aja menjadi sering hang. Setelah saya cek ternyata heatsink pada kartu VGA terasa panasnya tidak normal, untuk itu saya pun kemudian mengganti kartu VGA tersebut dan ternyata setelah kartu VGA saya ganti kondisi komputer menjadi normal kembali.

6. Power Supply


Daya listrik yang kurang memadai dapat mengakibatkan tidak berfungsinya komputer secara maksimal, ada kalanya juga komputer hang karena Power Supply yang sudah rusak, meskipun tidak menyebabkan mati total, kekurangan daya pada power supply bisa menyebabkan kinerja komputer melambat bahkan komputer menjadi hang dan beberapa peralatan USB tidak terdeteksi atau tidak berfungsi.

7. LAN


Untuk komputer yang terhubung ke jaringan, kadang kala terasa berat ketika mengakses data dari komputer lain, program berjalan lambat dan akhirnya komputer seakan-akan menjadi hang. Untuk memastikan komputer hang karena koneksi jaringan (LAN), lepaskan dulu kabel jaringan pada komputer kemudian jalankan komputer seperti biasa. Apabila semua berjalan secara normal dapat dipastikan komputer hang karena koneksi jaringan. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:

  • Pastikan konektor RJ45 terpasang dengan benar, bila perlu lakukan crimping ulang.
  • Gunakan perintah ping untuk memeriksa koneksi jaringan Contoh perintah: ping 8.8.8.8 -t
  • Lakukan reset pada hub (switch) LAN, caranya bisa dengan mencabut kabel power Hub/Switch tersebut, tunggu beberapa saat kemudian masukan kembali.
  • Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan kabel jaringan dari port yang satu ke port yang lain (biasanya ada beberapa port dalam hub yang menjadi rusak karena masalah-masalah tertentu).
  • Troubleshooting yang juga bisa kita lakukan adalah dengan mengganti kartu jaringan (LAN Card) dengan yang baru.

8. Driver


Driver Hardware yang tidak cocok dengan Hardware yang terpasang atau Driver yang tidak cocok dengan sistem operasi yang digunakan bisa menyebabkan komputer hang atau bahkan komputer bluescreen.

Hardware yang tidak terinstall dengan baik, motherboard yang tidak support dengan VGA Card dapat pula menjadi penyebab komputer hang dan macet. Cek dengan cara : Klik “start”->>setting->> control panel->>system->>device manager. Kemudian perhatikan apakah ada tanda “!” berwarna kuning dalam segitiga. Jika ada, silakan Anda lakukan install ulang Driver Hardware tersebut dan pastikan Driver terinstall dengan benar.


9. Software


Software yang Anda install tidak support system operasi. Untuk itu periksa terlebih dahulu apakah OS PC (Mac, Windows 98 dsb) dan cek system requirement untuk hardwarenya, perangkat lunak/sofware yang rusak atau proses instalasi yang tidak sempurna dapat menjadi penyebab utama komputer hang.


10. Printer


Printer hanya memiliki sejumlah kecil memori yang disebut buffer, pada proses mencetak file entah itu foto maupun tulisan, tindakan mengirimkan dokumen untuk mencetak menciptakan sebuah file besar yang sering disebut file postcript. Hal ini dapat dengan mudah memberi kelebihan beban, mencetak dokumen juga menggunakan cukup banyak tenaga CPU yang akan memperlambat kinerja komputer Anda.

Jika printer sedang mencoba untuk mencetak karakter yang tidak biasa, maka disinilah masalah sangat sering muncul. Kadang–kadang printer sangat sulit dipulihkan akibat kekacauan dalam buffer printer. Saat printer menerima perintah untuk melakukan print sebuah dokumen, maka printer akan menyimpannya ke dalam memorinya.

Jika dokumen terlalu besar memori printer terlalu kecil Hal ini juga dapat menyebabkan hang komputer. Cabut kabel data printer dan matikan printer, kemudian lakukan reset pada tombol printer.

Demikianlah artikel tentang 10 Penyebab Komputer Hang yang saya buat, semoga bermafaat bagi Anda.

Artikel Terkait

There's nothing special about me.

Berkomentarlah menggunakan kata yang baik,sopan, dan sesuai dengan isi topik diatas !
Terima kasih
EmoticonEmoticon